(foto: Ilustrasi)
WASHINGTON – Seorang astronom meyakini bahwa mahluk hidup hanya ada di bumi. Tidak ada lagi mahluk lain di yang hidup di alam semesta ini, kecuali di bumi.Klaim tersebut sedikit banyak membuat kesal para pro-alien dan mereka yang bermimpi telah bertemu dengan mahluk planet lain yang diduga lebih pintar ketimbang manusia.

“Kami telah menemukan, kebanyakan planet lain dan sistem tata surya di luar bumi jauh lebih liar dan berbeda dibanding tempat tinggal kita saat ini,” ujar ahli astrofisika senior dari Harvard University, Howard Smith, seperti dikutip melalui Straits Times, Selasa (25/1/2011).

Menurut Smith, ahli astronomi, sejauh ini telah menemukan total 500 planet sepanjang jajaran tata surya. Bahkan angka itu akan berkembang menjadi miliaran planet lain yang belum terlihat.

Selain itu, lanjut Smith, kebanyakan planet ini memiliki jarak yang terlalu dekat atau terlalu jauh dengan matahari. Artinya, jarak matahari cukup berpengaruh terhadap suhu udara yang akan mendukung kehidupan mereka. Bahkan planet lainnya memiliki orbit yang tidak biasa, yang menyebabkan variasi temperatur yang lebih luas. Hal ini otomatis tidak memungkinkan adanya air.

“Hanya sedikit tata surya atau planet yang mirip dengan bumi. Artinya sangat kecil kemungkinan adanya mahluk planet dengan kecerdasan yang sama mampu membuat kontak dengan kita,” ujar Smith.

Pernyataan astronom ini cukup kontroversial dengan pendapat ahli lainnya. Bahkan Stephen Hawking pernah mengatakan ada miliaran galaksi yang memungkinkan adanya bentuk kehidupan lain di alam semesta. Peneliti dari University of London pun mengatakan bahwa kemungkinan Alien hidup di sekira 40.000 planet lain di alam semesta.