Foto Matahari 360 derajat (Foto: TG Daily)
SAN FRANCISCO – Untuk pertama kalinya badan antariksa NASA merilis gambar penampakan matahari dalam ukuran penuh. Seperti diketahui, matahari yang sangat besar menyulitkan untuk diambil secara utuh.

Foto itu diambil melalui dua pesawat ruang angkasa Solar Terrestrial Relations Observatory (STEREO). Badan antariksa Amerika Serikat ini mengambil foto matahari dengan posisi 360 derajat. Dibutuhkan teknik khusus untuk mengambil gambar ini.

Seperti dilansir Foxnews, Selasa (8/2/2011), cara yang diambil oleh pesawat STEREO ini adalah masing-masing pesawat mengambil gambar yang saling berseberangan di sisi berlawanan dari matahari. Dengan melihat bentuk matahari secara keseluruhan -dari depan ke belakang- akan memungkinkan para ilmuwan untuk memahami pola cuaca dan sistem tata surya.

Kehadiran foto-foto ini tentu saja dapat membantu para ilmuwan di masa depan mengenai aktivitas matahari. Termasuk mengenai fenomena letusan matahari, yang dapat merusak satelit, yang berimnas pada gangguan sistem komunikasi di Bumi.

“Dengan kehadiran foto Matahari para ilmuwan dapat memprediksi cuaca melalui bentuk permukaan matahari,” sebut salah satu ilmuwan Richard Harrison.

“Matahari adalah objek yang kompleks dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan,” tandasnya.