Layanan geolokasi memang tengah diminati saat ini. Itu sebabnya, tak heran jika Meebo, salah satu platform instant messaging populer, tertarik untuk meluncurkan tool geolokasi berbasis web. 

Mengingat layanan geolokasi saat ini bersaing ketat, tentunya Meebo pun harus menawarkan sesuatu yang berbeda. Fitur geolokasi Meebo memungkinkan pengguna melakukan check in di dua tempat berbeda, namun layanan ini dimaksudkan untuk check in di internet.

Dengan kata lain, fitur geolokasi Meebo menawarkan kemampuan check in di dua situs sekaligus. Misalnya, ketika pengguna check in di Starbucks menggunakan Foursquare atau Facebook Places, mereka juga bisa menampilkan check in tersebut di situs atau blog pribadi.

Tool berupa browser extension bernama Meebo MiniBar ini sudah bisa diunduh. Jika sudah terpasang, pengguna bisa melakukan check in ‘ganda’ di 8.000 situs yang telah bekerja sama dengan Meebo. Namun untuk saat ini, Meebo MiniBar baru tersedia bagi Firefox dan Chrome.

Meebo MiniBar beroperasi seperti FourSquare dan Facebook Places. Namun tentu saja, untuk di internet. Ketika mengunjungi sebuah situs dan check in, pengguna bisa melihat aktivitas check in mereka dan menemukan konten yang dibagi orang lain yang juga telah check in di situs tersebut.

“Ini adalah solusi kami dalam membantu orang-orang bernavigasi secara sosial di web, menemukan situs baru dan memungkinkan situs tersebut memberikan reward bagi pengunjung setia,” kata Chief Executive Meebo, Seth Sternberg.

Dengan sangat percaya diri dia kemudian menambahkan bahwa karena layanannya telah menjangkau sepertiga populasi internet Amerika Serikat (AS), menurutnya Meebo memungkinkan sejumlah besar orang menemukan konten tertentu dengan teman-teman mereka dan siapa saja yang memiliki minat sama.