Ya…Allah, hari ini saya menatap Kresno anak saya yang bungsu, pada sisi mata hati yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.
Hari ini dia batuk Ya Allah, dari hidungnya keluar ingus, sedang dia terpaksa harus kutinggal sendirian di rumah bersama pengasuh baru. Seharian kemarin aku bekerja berada di kantor, tak kunjung pernah berhenti memutar otak…ketika kulihat kantung di bawah kosong tak berisi.
Allah. Cobaan apa lagi ini hari ini, orang yang seharusnya menjadi utama penanggung semua beban rumah, menghilang entah kemana, tak ada tanggung dan jawab lagi atas apa yang terjadi.
Menangis pelan aku dalam sujud yang panjang dalam sunnah-sunnah tanpa batas. Allah dimanakah engkau, menuju relung dan lorong panjang terus dan terus-menerus merangkak menggapaimu. Allah disisi mana aku genggam tangan mu di kanan atau di kiriku.
Aku menoleh setiap langkah, setiap tapak, hari ini aku meracau, merapal ribuan doa kepadaMu.
Aku merindukanMu lebih, Ya Allah, untuk menemani hari-hariku kembali.
Aku butuh kali ini, butuh lebih, walau aku malu, terus-menerus membutuhkanmu.
Siang ini seorang teman menusuk hatiku lebih, ketika tugas yang telah aku selesaikan kembali, dia yang mengambil muka didepan pimpinan, memotong jalanku seenaknya sendiri, memberikan beban lebih pada pikiran dan hatiku.
Melenggang ringan tak bersalah setelah mengucap fitnah, hingga langkahku terhenti dimeja pimpinan, menunduk dimakinya.
Allah ya Rabb, dimana engkau.
Pelahan air mataku menetes…tak sanggup…aduh tak sanggup lagi rasanya
Saat aku tak mampu, siang itu sebuah mujizat dating, sebuah panggilan dari accounting kantor, di meja kerjaku
“Sayang, kamu belum ambil uang lembur neh, cepetan keatas, saya mau keluar nih” serunya merdu ditelingaku, bagai bunyi pipit yang setiap pagi membangunkanku disela-sela mimpi lelap..
Allah, alhamdulillah inilah jawabanmu, Lembur ini cukup untuk membayar buku si Bimo, cicilan sekolah Kresno, dan mengajak makan anak-anak hari ini.
Terima Kasih Allah.
“Tidaklah Dinyatakan Kamu Beriman Sebelum Kamu Di Uji”
“Allah Tidak Akan Memberikan Cobaan Di Luar Batas Kemampuan Hambanya”
“Allah Dekat Dengan Orang-Orang Yang Bersabar”
“Allah Tidak Akan Mengubah Nasib Suatu Kaum Jika Kaum Itu Tetap Tidak Mau Berubah”
Mengingat kembali aku pada beberapa ayat yang kuhafal sepotong meski tak penuh.dan detail tapi kuresapi maknanya hari ini “LEBIH”. Allah.
Allah aku harus bertahan demi cinta yang telah terlanjur ada karena amanahmu ini begitu berharga.
Kuhargai dia melebihi nyawaku…sungguh !