Pernah berkhayal mata Anda adalah laser? Kini, prototipe laptop baru akan mewujudkan khayalan itu. Anda bisa mengakses isi laptop dengan tatapan mata.

Laptop ini akan melacak tatapan dan mencari arah pandang Anda pada layar. Artinya, Anda bisa bermain game yang mengharuskan Anda membakar habis asteroid yang datang ke Bumi dengan laser menggunakan mata.

Pada sebuah peragaan, komputer mampu menggeser teks pada layar dengan sendirinya setelah mata menunjukkan gerakan yang memungkinkan pembaca mencapai akhir teks yang tampak di layar.

Di masa depan, menurut Tobii Technology Inc, laptop semacam ini dapat membuat kursor mouse tampak di tempat Anda melihat atau membuat karakter game tetap berkontak mata dengan Anda.

Pelacak mata ini bekerja menggunakan dua infra merah yang mengarah ke Anda. Kedua kamera tersembunyi itu mencari ‘cahaya’ dari mata dan memantulkannya ke retina. Cahaya ini akan dikalibrasi pada tiap orang.

Kamera ini bekerja pada mereka yang menggunakan kacamata mapun tidak. GM Tobii Analysis Solution mengatakan, hal ini akan membuat komputer jauh lebih cepat dan efisien ketika digunakan