Menjulang di langit malam saat asap mengepul, inilah fenomena langka yang dikenal sebagai tornado api. Ini berhasil tertangkap kamera di kebakaran Budapest.

Terjadi kebakaran besar di sebuah pabrik pengolahan plastik di Kistarcsa, pinggiran kota Budapest, Hungaria. Sejauh ini, tidak ada korban pada peristiwa naas yang terjadi pukul 8 malam waktu setempat. Hingga kini, penyebab kebakaran belum diketahui.

Meskipun ditangani 70 petugas pemadam kebakaran yang juga merobohkan tembok disekeliling bangunan untuk membantu operasi pemadaman api, tetap saja upaya pemadaman membutuhkan waktu lama.

Yang menarik, muncul tornado api atau lebih dikenal api berputar. Ini hanya muncul pada kondisi tertentu dan membentuk kolom vertikal udara yang pada akhirnya, membuat putaran api tersebut terpisah dengan sumber api lain.

Fenomena ini biasanya muncul saat kebakaran hutan dengan tinggi tornado api sekitar 10 hingga 50 meter. Peristiwa paling mematikan dari tornado api tercatat saat gempa besar Kanto 1923 di Jepang yang menewaskan 38 ribu orang dalam 15 menit.