Di tahun 2010, ikon mode baru bermunculan melalui layar lebar dan album musik. Gaya busana mereka menginspirasi tren mode jutaan penggemarnya di dunia. Di Indonesia ada gaya Luna Maya dan The Virgin yang banyak jadi panutan kaum wanita.

1. Lady Gaga
Wanita muda bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta ini meraih popularitasnya kala single-nya Poker Face masuk dalam peringkat pertama hampir di seluruh negara selama berminggu-minggu. Lady Gaga tak hanya mempengaruhi penggemarnya lewat musik, tetapi juga lewat mode. Tahun ini Majalah Vogue memberikan gelar The Visionary pada Lady Gaga.

Pada pergelaran Grammy Awards, Februari lalu, Lady Gaga menjadi headline koran dengan gaun galaksi Armani Prive pastel, sepatu platform bertabur perhiasan dan orbil planet disekelilingnya. Di panggung Grammy, dia juga menyedot perhatian dengan busana struktur hijau berkilau ketika berduet dengan penyanyi legendaris Elton John.

Perhatian dunia tertuju padanya, ketika pada pergelaran MTV Video Music Award September lalu, penyanyi 24 tahun ini tampil dengan menggunakan busana daging sapi. Gaga seolah baru keluar dari toko jagal, ketika lembar-lembar daging sapi menjadi penutup tubuh, dari topi, gaun, hingga sepatu bot wedgenya. Aksi Gaga menuai protes dari aktivis PETA dan kaum vegetarian.

2. Sarah Jessica Parker
Sarah Jessica Parker ada di bangku terdepan pergelaran mode Burberry di Pekan Mode London. Kegemarannya akan mode tak jauh dari karakter yang ia perankan dalam serial dan film layar lebar Sex & The City. Dalam serial itu, karakter Carrie Bradshaw adalah seorang fashionista yang gemar menghabiskan uangnya demi memakai busana paling gaya dan sepatu paling keren.

Bersama pengarah gaya Patricia Field, Sarah Jessica Parker menjadi ikon mode kala memerankan Bradshaw. Parker adalah sosok yang melambungkan nama Manolo Blahnik, perancang sepatu asal Spanyol dan labelnya yang khusus menawarkan sepatu bertumit tinggi. Parker juga yang melambungkan nama Vera Wang, perancang busana pengantin asal New York. Majalah Vogue tahun ini menobatkan Parker sebagai Haute Bohemian dalam daftar ‘Busana Terbaik Internasional’. Selera mode Parker juga diakui. Terbukti ketika Halston Heritage menunjuknya sebagai Direktur Kreatif dalam pergelaran mereka.

3. Kate Moss
Baru-baru ini, Kate Moss mendapat predikat sebagai Busana Terbaik Dekade ini versi majalah Vogue. Majalah Style memilihnya dalam urutan kedua dalam daftar 10 ikon mode dekade 2000-2010. Kate Moss sendiri merupakan model yang melejit sejak pertengahan 90-an.

Kemunculannya sebagai model berbadan super tipis mengubah standar kecantikan dunia yang kala itu diisi dengan perempuan-perempuan bertubuh jam pasir seperti Claudia Schiffer dan Cindy Crawford. Dia menjadi babak baru dunia mode. Kritik terhadap tubuhnya yang ekstra tipis sering dilontarkan para ahli gizi yang menganggap Moss sebagai penyebab meningkatnya remaja putri yang menderita bulimia dan anorexia.
Menurut majalah Forbes, penghasilan Moss mencapai US$ 9 miliar dari iklan yang ia bintangi dan busana rancangannya yang tersedia di TopShop. Blazer lelaki, jins skinny, sepatu ballet sol datar, syal tengkorak, sepatu bot berjumbai, sepatu bot pengendara motor, rompi kecil dan apapun yang ingin dimiliki para remaja dan wanita selama sepuluh tahun terakhir, dimulai oleh supermodel belum surut ini.

4. Luna Maya
Tahun ini bukan hanya kasus video porno yang mirip Luna Maya saja yang jadi sorotan publik. Pilihan gaun kupu-kupu yang sering Luna pakai ketika masih aktif membawakan acara ‘Dahsyat’ bersama Rafly Ahmad dan Olga Syahputra, pun banyak diliri kaum wanita. Baju kupu-kupu merupakan busana perempuan berlengan panjang dan lebar menyerupai kupu-kupu.

Luna Maya kerap memakai baju bergaya kupu-kupu yang dipadankan dengan legging atau jins skinny kala membawa acara tersebut. Di pasar Tanah Abang, busana bergaya kupu-kupu ini laris manis sebelum sang artis tersandung kasus video. Untuk busana berbahan kupu-kupu, harganya berkisar Rp 125 ribu per potong. Adapun busana berbahan sifon dijual sekitar Rp 175 ribu.

5. The Virgin
Duo Mitha dan Dara kembali melejit dengan single-nya Belahan Jiwa tahun ini. Pengaruh mereka di dunia musik, kini menjalar ke dunia mode. Rok mini dan celana panjang bermotif tartan yang dikenakan Dara dan Mitha di video klip mereka menjadi tren sendiri bagi penggemarnya.

Sejak awal kemunculannya, The Virgin menampilkan gaya preppy ala anak sekolahan dalam setiap pergelaran atau klipnya. Dara menampilkan gaya preppy yang feminin dan manis, sementara Mitha menjadi alter ego yang tomboi dan maskulin. Motif tartan yang sering dipakai keduanya menjadi tren yang kini muncul dalam kemeja, rok, celana dan bahkan dress.