Saat ini chating dengan menggunakan media Handphone/HP semakin marak saja, terlebih dikalangan remaja/pelajar/mahasiswa dan bahkan mungkin kalangan dewasa. Kenapa chating di HP begitu ramainya? Tak lain tak bukan adalah kepraktisannya, chating dengan HP bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan karena HP sudah dimiliki oleh hampir semua lapisan masyarakat maka semua orang bisa memanfaatkan fasilitas ini(meskipun juga tidak semua HP bisa melakukannya). Faktor kedua yang tak kalah penting adalah faktor biaya, jika dibandingkan dengan tarif SMS maka chating di HP jauh lebih murah karena tarif yang dikenakan dihitung berdasarkan kapasitas data yang diupload/download.

Saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi gratisan yang “bertebaran” di internet yang bisa kita gunakan untuk chating. Diantara aplikasi-aplikasi tersebut yang bisa digunakan dan sudah lumayan terkenal antara lain:

1. eBuddy
Tampilannya sederhana tetapi sangat menarik, serta kaya dengan warna-warni apik. eBuddy bisa mengalokasikan hasil foto kamera ponsel menjadi avatar display. Dibawah Platform java(J2ME). Menggunakan aplikasi ini sangat puas dengan fitur-fitur yang dibawanya.
Download:
http://m.ebuddy.com
http://get.ebuddy.com wap.getjar.com (quick code: 17291)

2. Nimbuzz
Nimbuzz memiliki beberapa fitur yang terbilang lebih canggih. Aplikasi ini bisa dipakai untuk melakukan panggilan internasional sesama pengguna. Nimbuzz mempunyai fasilitas “Buzz” seperti YM di PC.
Download:
http://www.nimbuzz.com/en/mobile
http://wap.getjar.com (quick code: 26137)

3. YehBa
Beberapa fiturnya yakni mobile blogging, user friendly dan minim bandwidth sehingga pulsa akan semakin irit saja.
Download:
http://m.yehba.com/files/YB_2.0.jar
http://wap.getjar.com (quick code: 6433)

4. MXit
Aplikasi ini mempunyai panduan bahasa Indonesia pada saat proses download sehingga memudahkan para downloader. Dulu aplikasi ini memang sangat cepat berkembang, termasuk saya juga mantan pengguna aplikasi ini. Tetapi akhir-akhir ini karena koneksinya yang sulit jadi banyak ditinggalkan oleh para penggunanya.
Download:
http://www.mxit.com/wap

5. shMessenger
Untuk sementara aplikasi ini lebih optimal untuk YMan aja, meskipun ada fitur-fitur lain dalam hal ini masih beta. Fasilitas lainnya adalah emoticon dan avatar foto display.
Download:
http://www.shmessenger.ro/wap

6. Mig33
Barangkali inilah aplikasi yang saat ini paling populer diantara lainnya selain eBuddy. Aplikasi ini berasal dari Australia, memiliki kemudahan pengoperasian, VoiP, bagi foto, dll. Beberapa waktu lalu saya juga menulis artikel dengan judul “Tips dan Trik Mig33”, silahkan klikdisini untuk membacanya.
Download:
http://www.mig33.com/download.jsp
http://wap.mig33.com

7. Slick
Yang unik dari aplikasi ini adalah: tanda peringatan(alert: suara, backlight, getar, dan pop up). Untuk sementara kompatibel dengan ponsel Symbian dan Windows Mobile.
Download:
http://www.lonelycatgames.com

8. Agile Messenger
Cukup populer, dan mempunyai fungsi layaknya aplikasi chat mobile, serta dilengkapi fitur “traffic counter” untuk monitoring lalu lintas data
Download:
http://www.agilemobile.com/download.html
http://www.agilemobile.com/j2me

9. EQO
Aplikasi ini bisa dipakai untuk telepon murah via VoIP, multiple chat.
Download:
http://wap.getjar.com (quick code: 32315)

10. Morange
Tampilan antarmukanya sangat menarik, menyediakan fitur social networking, mobile photo sharing, mobile sayings, dan prakiraan cuaca(global weather). Termasuk juga fitur push email, dan web surfing.
Download:
http://wap.getjar.com (quick code: 30381)

Nah sekarang mau pilih aplikasi yang mana ? Alamat yang di berikan adalah alamat wap, jadi bisa langsung didownload dari ponsel.

lol

Sekian semoga bermanfaat…