Mengendalikan komputer dari jarak jauh

Software untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh sangat banyak macamnya, salah satu yang paling banyak digunakan yaitu Radmin atau Remote Administrator yang versi terakhirnya saat ini yaitu versi 3. Radmin terbagi menjadi 2 bagian yaitu Radmin Server dan Radmin Viewer, Radmin Viewer berfungsi sebagai remote atau pengendali  yang di instal di komputer utama (server) sementara Radmin Server harus di instal di komputer client yang akan dihubungkan.

Radmin banyak digunakan oleh administrator jaringan untuk memudahkan pekerjaannya, bayangkan jika kita seorang administrator dan harus mensetting seluruh komputer secara manual dari satu komputer ke komputer yang lain tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, masih mending kalau jaringannya hanya terdiri dari beberapa komputer, kalau terdiri dari berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus komputer, wah bisa repot tuh. Dengan menggunakan Radmin setidaknya bisa meringankan tugas seorang administrator karena setiap komputer bisa kita remote dari komputer host (server).

Fitur-fitur yang terdapat pada Radmin 3 diantaranya :

  • Mendukung sistem operasi windows 7
  • Antar muka yang mudah digunakan
  • Meremote komputer dari jarak jauh
  • Meremote komputer dalam mode DOS Prompt
  • Melihat aktifitas yang dilakukan oleh komputer klien secara real time
  • Proteksi password untuk mengakses klien
  • Transfer file dengan cara drag and drop
  • Pasilitas chating dan audio chat
  • Bisa Restart dan Shutdown komputer klien
  • Fitur-fitur lainnya klik Disini

Berikut saya tunjukan cara setting Radmin 3 yang dibagi menjadi dua bagian :

A. Radmin Server

  1. Instal Radmin Server di semua komputer klien
  2. Setelah selesai klik menu Start > All Programs > Radmin Server 3 > Start Radmin Server akan muncul icon Radmin Server di sistem tray
  3. Berikutnya kita akan setting password untuk mengakses komputer tersebut, caranya klik kanan icon Radmin Server di sistem tray lalu klik menu setting for Radmin server. Akan muncul kotak dialog setting for radmin server klik tombol Permissions, muncul kembali sebuah kotak dialog Radmin server security mode klik tombol permission.
  4. Setelah sampai pada kotak dialog Radmin security, klik tombol Add User untuk menambahkan pengguna komputer kemudian isi form user name dan password sesuai kehendak anda, klik OK dan centang semua checkbox yang ada di kolom bawahnya, klik OK > OK dan Exit.

  5. Setting Radmin Server sampai tahap ini telah selesai, untuk setting-setting yang lain silahkan anda coba-coba sendiri.
B. Radmin Viewer



  1. Instal Radmin Viewer di komputer host (server)
  2. Langkah selanjutnya jalankan program, kemudian klik menu Connection > New Connection
  3. Masukan IP addres atau DNS komputer target pada kotak isian IP addres or DNS name, jangan lupa isi juga kotak isian Name of entry dengan nama komputer target.
  4. Terakhir klik OK
  5. Di jendela utama Radmin Viewer akan tampak icon komputer yang baru kita buat
  6. Sampai langkah ini apabila semua konfigurasi telah benar, komputer klien sudah bisa dikendalikan caranya sangat mudah tinggal klik kanan icon komputer target lalu pilih menu yang diinginkan, setelah itu masukan user name dan passwordnya klik OK. Komputer target (klien) bisa anda kendalikan sesuka anda sendiri.

Semoga bermanfaat, versi trial dari Remote Administrator (Radmin) bisa anda download dari http://www.radmin.com/download/