Mengetahui Usia Domain Dan Situs


Biasanya untuk melihat apakah suatu bisnis dari suatu situs itu benar-benar nyata bisa dilihat dari umur bisnis tersebut. Secara umum (bukan pasti) sebuah bisnis yang baik akan bertahan bertahun-tahun dan tidak akan punah. Karenanya Anda bisa memperhitungkan umur dari suatu bisnis untuk menilai kualitas bisnis tersebut.

Untuk bisnis online, bagaimana cara mengukurnya?

Jawabannya Anda bisa melihat dari data WHOIS domain bisnis bersangkutan.

Apa itu WHOIS? WHOIS adalah sebuah fitur untuk mengetahui kapan sebuah domain situs bisnis dibeli, siapa yang memiliki, siapa yang mendaftar, hosting di mana, dan sebagainya. Setiap domain pasti memiliki data WHOIS, jadi Anda bisa mengecek untuk memastikannya.

Bagaimana cara mengecek WHOIS record dari sebuah domain? Jawabannya, silakan Anda cek dengan memakai layanan WHOIS checker yang banyak tersedia di internet. Antara lain:

whois.domaintools.com/

www.networksolutions.com/whois/

www.betterwhois.com/

www.allwhois.com/

www.whois.sc/

www.whois.net/

www.internic.net/whois.html

www.easywhois.com/

www.who.is/

www.whois-search.com/

www.iwebtool.com/whois

Secara umum bisa dikatakan jika sebuah bisnis itu bagus, ataupun jelek, pasti akan disebut-sebut oleh banyak orang. Internet memudahkan Anda untuk menelitinya. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mengetahui tingkat popularitas sebuah situs web. Caranya? Manfaatkan search engine!

Saya contohkan misalnya kita ingin melihat melihat sejak kapan website
clixsense.com (salah satu situs PTC) berdiri. Maka kita cukup datang ke
http://whois.domaintools.com/clixsense.com

Di sana terlihat datanya bahwa Creation date: 29 Dec 2006 14:53:35

Sudah cukup lama bertahan, karenanya sedikit banyak bisa disimpulkan bahwa ini adalah sebuah bisnis yang cukup dapat diandalkan.